Selasa, 29 Januari 2019

Komika Tretan Muslim dan Coki Pardede Dilaporkan Atas Dugaan Penistaan Agama



PA212.NET - 29 Januari 2019 | Proses hukum 2 komika yaitu, Tretan Muslim dan Coki Pardede yang memasak daging babi dengan kurma dan madu, kini masih berlanjut.

Gus Fachruddin – Akrab dengan panggilan Gus Din - telah mengajukan laporan ke pihak yang berwajib pada bulan oktober 2018, dan kemarin (28 Januari 2018) dengan didampingi Siti Fatima, ketua Bantuan Hukum Front (BHF), telah memenuhi panggilan sebagai saksi di Cyber Crime Investigation Center (CCIC) Polda Jatim.



Terkait dengan laporan, Gus Din menyebut, dari kedua akun tersebut, dugaan kuat seorang Aditya Muslim alias Tretan Muslim dan Reza Pardede alias Coki Pardede telah melanggar pasal 156 kuhp jo. Pasal 156a kuhp jo pasal 27 ayat 3 jo pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 ayat 1 dan 2 UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. - dilansir dari suaramuslim.net

Dalam video tersebut Akun Tretan Muslim dan Coki Pardede terlihat sedang memasak daging babi dengan kurma dan madu.

“Untuk pertama kalinya dalam hidup saya melihat daging babi. Nggak bau ya (pas cium daging babi). Coba kita dengarkan, neraka, neraka, api neraka, babi ini neraka. Saya akan memasak daging babi. Ini keren ya seorang chef memasak tanpa dicicipi. Kalau orang Islam bagian terbaik dari babi, dibuang. Tidak ada yang terbaik dari alharamin. Karena daging babi haram, kita akan campurin unsur-unsur Arab, kurma dan madu. Sangat Arab, sangat Timur Tengah sekali. Kira-kira apa yang terjadi makanan haram babi ini dicampur dengan makanan barokah dari kurma dan madu,” ucap Muslim dalam vlognya.

“Sebenarnya karena persiapannya kurang prepare ya, kalau bisa dapatin air zam-zam kan menarik juga dong. Ada daging babi dicampur ini minumnya air zam-zam,” timpal Coki

“Jadi bagaimana ceritanya kalau sari-sari kurma masuk ke dalam pori-pori apakah cacing pitanya akan mualaf. Kita tidak tahu dong. Dalam (daging babi) ini kan ada cacing pita,” kata Coki Pardede lagi.
Serta pada video lainnya, Akun Tretan Muslim dan Coki Pardede merilis video respon dari komentar netizen atas video pertama mereka, dengan berpura-pura meminta maaf, namun seraya kembali mengolok-olok beberapa sahabat nabi dan juga keyakinan dalam agama Islam.

“Pemeriksaan tadi berjalan selama 3 jam, menjawab belasan pertanyaan, Alhamdulillah semua berjalan lancar, nanti pemeriksaan saksi kedua akan dilajutkan pada Kamis, 31 Januari 2019” tutur Gus Fachruddin.